Searching...
Minggu, 22 September 2013

TIPS SEO UNTUK PEMULA TERBAIK

TIPS SEO UNTUK PEMULA TERBAIK | Ini adalah artikel pertama saya , oke kita lanjutkan saja . Apa SEO itu ?? Mungkin dapat membuat anda bingung terutama yang baru terjun di bidang Blogging , Wajar saja sobat saya dulu saat pertama kali ngeblog juga ngak ngerti dan tidak peduli sama sekali tentang yang namanya SEO . Setelah lama kelamaan saya berfikir kenapa blog saya sedikit sekali pengunjungnya dan tidak bisa muncul di halaman pertama mesin pencari (search engine) . Pada akhirnya saya browsing untuk mencari tahu dan ternyata sangat penting untuk mengoptimasi dari dalam maupun luar blog .

TIPS SEO UNTUK PEMULA TERBAIK

SEO itu kalau di dalam bahasa kita adalah optimasi mesin pencari yang fungsinya mengoplimalkan dan meningkatkan jumlah dan kalitas pengunjung blog kta dari mesin pencari dan tujuan akhirnya nanti blog atau situs anda akan berada pada halaman pertama mesin pencari . Kalau sudah berada pada halaman pertama kan 1000% peluang untuk di klik oleh visitor juga akan semakin besar dan akan semakin rame .

Berikut ini saya beri tahu anda sedikit tips untuk SEO anda :

KONTEN ATAU POSTINGAN (Asli dan Menarik)

Dari pengalaman saya dan beberapa teman webmaster handal , konten ini menjadi faktor penentu utama . Mesin pencari khususnya Google bahkan sangat senang dengan yang namanya konten . Saya sarankan untuk membuat konten yang menarik dan memberikan banyak informasi buat pengunjung blog kalian . Terus konten yang anda buat harus relevan sama niche dari blog anda , misalnya blog anda niche nya tentang masakan terus anda membuat postingan tentang SEO , kan tidak relevan dan peluang untuk di halaman utama berada dibawah 50% saja . Usahakan untuk membuat konten yang ada kaitannya sama kata kunci yang ingin anda optimalkan . Yang terakhir tetaplah meng-update postingan minimal 1 postingan dalam seminggu , dan jangan terlalu sering juga dalam meng-update postingan .

JUDUL (Title Tag)

Judul ini sangatlah penting , karena dari judul bisa memberi tau pada mesin pencari atau pengunjung tentang isi postingan kita . Jadi buatlah judul semenarik mungkin dan relevan dengan isi postingan , serta berisi kata kunci yang akan anda optimalkan . Kalau bisa buatlah judul tidak lebih dari 70 karakter saja . Title tag ada banyak mlai dari h1 sampai h6 , namun saya sarankan jangan sampai memakai h4, h5 , dan h6 pada postingan anda . Terus usahakan untuk memasang h1 hanya 1 saja , agar mesin pencari fokusnya pada postingan anda saja .

LINK ANTAR HALAMAN (Internal Link)

Link antar halaman harus ada di setiap postingan untuk meningkatkan posisi postingan blog di mata mesin pencari yang berguna untuk memudahkan pengunjung pindah ke halaman posting yang lainnya . Usahakan membuat link antar halaman yang relevan .

META TAG (Data)

Ini adalah cara yang paling banyak di optimalkan oleh pemula dan webmaster handal sekalipun . Kalau masalah SEO pada Meta Tag sangat penting . Meta description harus ada di setiap postingan agar mesin pencari tau postingan kalian dan untuk meningkatkan posisi di halaman pencarian . Di blogger caranya sangatlah gampang , setiap membuat postingan anda harus ingat untuk mengisi kotak kosong Search Description di samping kanan . Kalau pada wordpress sudah ada fitus pada pluginnya , jadi tinggal di isi saja . Dan ingat !! Mengisi description nya jangan melebihi 160 karakter .

BACKLINK

Backlink ini adalah cara untuk mengoptimalkan SEO secara Off Page saja . Setiap webmaster pasti memakai cara ini walaupun caranya atau prosesnya akan sangat lambat . Bagaimana cara mendapatkan backlink ?? Berikut adalah caranya :
  1. Submit blog kalian ke website directory . Sebelum anda submit blog anda , anda harus mengecek web directory tersebut legal atau tidak . Saya kira tempat submit paling terkenal dan aman adalah di dmoz .
  2. Sering - sering berkomentar di forum atau blog orang lain . Usahakan mencari forum dan blog yang dofollow untuk dikomentari 
  3. Tukar link , memang cara ini sangat mudah namun resiko nya juga sangat besar jika salah dalam bertukar link . Jika anda belum mengerti , saya sarankan untuk melakukan cara nomer 2 saja . Karena lebih aman asalkan mengetahui cara berkomentar yang baik dan relevan .
Backlink yang paling baik adalah one way link yang artinya adalah link yang masuk ke blog anda tanpa harus kalian pasang balik punya mereka . Peringatan keras dari saya , jangan pernah membeli backlink atau menggunakan jasa link yang sangat banak memberikan diskon dan tidak bertanggung jawab dengan apa yang sedang dia lakukan .

TAMPILAN BLOG

Tips yang terakhir dari saya adalah tampilan dari blog anda . Jika bisa buatlah tampilan blog yang sesimple mungkin tapi menarik , kalau bisa jangan sampai menggunakan flash karena flash akan memberatkan loading blog anda , dan jika bisa menggunakan widget seperlunya saja . Buatlah navigasi blog yang tidak membingungkan buat pengunjung , jadi mereka tidak susah untuk menemukan apa yang mereka cari . Dan satu lagi , jangan memasang banner iklan terlalu banyak karena akan membuat pengunjung pergi dari blog anda , bayangkan saja kalau anda berkunjung di blog orang lain yang penuh dengan banner iklan , apa anda tidak marah dan mengganggu ?

Itu tadi langkah - langkah untuk pemula dalam bidang blogging . Sekian tips yang dapat saya sampaikan , semoga dapat memberi anda inspirasi untuk kalian yang masih pemula yang mau optimasi SEO , Jangan lupa tinggalkan komentar tentang artikel di atas , komentar anda sangat berguna untuk meningkatkan profesionalitas dari blog ini . Salam SEO 

Silahkan berkomentar menggunakan
OR

6 komentar:

  1. Wah !!! postingannya sangat kreatif, kelihatan bukan copas. Memang kalau kita sering copas blog lain, pengaruhnya juga akan lain, yakni pengunjung akan berkurang. Walaupun Postingannya kelihatannya bagus. Tapi karena copas, ya akan ditinggalkan oleh visitor. Makasih gan atas pencerahannya. Salam Kenal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sobat sudah berkunjung di blog baru ini ... Iyaa kalau copas cuma beberapa minggu saja blognya akan hilang dari google ... tenang saja sobat :-d

      Hapus
  2. info sangat menarik dan membantu, jangan lupa follow blogku ya insya Alloh di follback www.akhmadraauf.blogspot.com kalo punya tw follow juga @akhmadraauf insya Alloh di follback

    BalasHapus

 
Back to top!